Rapat Koordinasi PTNP Kemenpar dan Rapat Persiapan Ujian SBMPTNP 2018

Perjalanan dinas saya kali ini mengikuti 2 agenda rapat. Yang pertama adalah Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di lingkungan Kementerian Pariwisata yang dilaksanakan tanggal 30 April – 1 Mei 2018. Yang kedua adalah Rapat Persiapan Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata yaitu tanggal 2 – 3 Mei 2018. Keduanya dilaksanakan di Poltekpar Makassar. Jadi kami berangkat tanggal 29 April sore dan rencana kembali ke Bali tanggal 3 Mei 2018, 5 hari 4 malam.

Kami dari STP Bali berangkat 6 orang, termasuk Bapak Ketua dan Kabag Adak serta 3 orang dosen. Tapi 3 orang dosen tersebut hanya ikut Rakor saja, sedangkan saya menemani Bapak Ketua dan Kabag Adak ikut Rakor dan juga rapat SBM. Kami berangkat hari Minggu sore menggunakan Garuda Indonesia. Penerbangan dari Bali ke Makassar hanya sekitar 1 jam 10 menit. Tiba di Makassar kami dijemput dan langsung diajak makan malam di restoran New Dinar dengan menu utama ikan.

Setelah makan malam kami check in di hotel Arya Duta Makassar. Kami check in satu kamar sendiri-sendiri karena ternyata harga kamar per malam adalah Rp. 600.000,-  dan masih mencukupi tarif yang ditentukan yaitu maksimal Rp. 650.000,-. Kamar yang saya dapatkan sangat bagus, berada di lantai 7 dengan pemandangan langsung ke pantai Losari. Relatif luas dan nyaman, kamar mandinya juga bagus dan lengkap dengan bath tub (walau pembuangan air di bath tub sempat mampet). Suhu kamar juga bagus, bahkan di malam hari saya tidak perlu pakai AC dan kamarnya masih terasa dingin. Dengan harga sekian dan breakfast yang sangat lengkap, saya merasa puas.

Lanjut tentang acara Rakor. Pagi hari sekitar pukul 8.00 kami dijemput dan diajak ke kampus bersama rombongan lainnya untuk mengikuti Rakor. Acara Rakor berjalan dengan lancar, siangnya kami makan di restoran kampus Poltekpar Makassar dengan hidangan hasil praktek mahasiswa. Acara Rakor dilanjutkan sampai sore. Malamnya kami diajak makan malam lagi di restoran Dinar. Malamnya kami istirahat di hotel.

Hari kedua kami kembali mengikuti Rakor sampai siang dan diakhiri dengan makan siang di kampus lagi. Selesai acara Rakor, 3 orang dosen yang dari STP Bali kembali ke Bali pada sore hari itu. Sedangkan saya tetap di Makassar menemani Pak Ketua dan Kabag Adak untuk Rapat SBMPTNP tanggal 2 – 3 Mei 2018 keesokan harinya. Malam itu kami ternyata dijamu makan malam lagi bersama rombongan peserta rapat SBMPTNP.

Rapat hari pertama untuk SBMPTNP berjalan lancar juga walau sempat ada satu pembahasan yang cukup alot yaitu terkait Pemeriksaan Kesehatan, tapi sebelum makan siang akhirnya bisa diambil keputusan. Sore hari sekitar pukul 17.00 rapat selesai dan kembali dilanjutkan dengan makan malam. Hari terakhir tidak ada agenda dan kami sempat istirahat di hotel, tidak kemana-mana. Kami kembali ke Bali dengan pesawat Garuda sore harinya dan tiba di Bali dengan selamat.