Monthly Archives: December 2007

Selamat tahun baru 2008!

Kami dari Bali Blogger Community mengucapkan selamat tahun baru 2008!.

Semoga di tahun 2008 segala keinginan, cita-cita dan impian kita bisa terwujud dengan semangat dan kerja keras serta dengan suasanan penuh kedamaian dan persahabatan.

Berbagai pilihan internet akses di Bali

Di Bali, tidak seperti beberapa tahun yang lalu, saat ini relatif mudah untuk mendapatkan akses internet. Mulai dari bandwidth/data transfer yg paleng kecil sampe yg unlimited, mulai dari yg via wireless/wifi, numpang jaringan mobile phone sampe kabel telepon. Bahkan sekarang udah banyak tempat2 makan/restaurant, mall, dsb yang menyediakan hotspot akses internet gratis maupun berbayar. Berikut sebagian dari beberapa pilihan akses internet yg ada di Bali.

Dial-up

Layanan dial-up via line telpon sudah lama ada. Mulai dari telkomnet instan, indosat, indonet, centrin, dsb. Penetrasi terbatas hanya untuk pengguna yg memiliki line telpon dan kecepatan-nya pun relatif lambat. Akses internet dial-up adalah perintis dari akses internet, dan sampai sekarang masih banyak pengguna yang menggunakan-nya.

ADSL Via Telkomspeedy

Menggunakan kabel telpon sebagai media sehingga pengguna-nya juga terbatas hanya dikalangan yg memiliki line telpon saja. Diklaim kecepatan bisa mencapai 384kbps, banyak warnet yg menggunakan layanan speedy karena relatif murah, mulai dari (setau saya) 250rb/bln utk limit 1GB sampe yg unlimited sekitar 750rb/bln. Sedangkan dari sisi layanan biasa2 aja bahkan cenderung tidak memuaskan 🙂

Wireless Access

Akses internet menggunakan frekuensi 2.4GHZ ini sempat popular beberapa saat lalu karena sifatnya yg lebih mudah dipasang dimana saja. Hampir semua ISP besar maupun kecil di Bali menyediakan akses 2.4GHZ, sampai-sampai sempat rame sweeping frekuensi oleh pihak berwajib utk menindak pengguna frekuensi tersebut tanpa ijin. Harga bervariasi antara 250rb/bln sampe dgn jutaan rupiah per bulan tergantung dari bandwidth dan ISP yg menyediakan.

Mobile Access

Akses internet melalui jaringan mobile saat ini lagi rame2-nya dan sangat popular, Hal ini disebabkan karena beberapa faktor antara lain: kemudahan mengakses internet dimana saja selama terdapat sinyal selular, biaya akses relatif murah dan perangkat yg murah pula. Sebagai contoh, di jaringan GSM yg mensupport 3G seperti XL menyediakan paket 99rb/bln dgn limit 250MB, Indosat dgn 3.5G mematok harga kisaran 350rb/bln utk 1GB. Mobilequ dari Quasar bahkan berani memberi akses unimilited dengan 275rb/bln. Di jaringan CDMA ada starone-nya indosat yg mematok harga 150rb/bln dgn limit 1GB.

Walaupun gambaran diatas belum lengkap, paling tidak pilihan akses internet di Bali sudah semakin banyak, sekarang tergantung kita sebagai pengguna memilih dengan tepat sesuai keperluan. Kalo frekeunsi penggunaan internet tidak sering ,saya sarankan nongkrong aja di hotspot2 gratis dengan berbekal notebook 🙂

happy hunting!

Adi Setiawan
————-
http://ex3me.org