Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Kebutuhan

Online Gaming sekarang ini sedang menjadi tren di seluruh dunia.

Pangsa pasar utama dari online gaming adalah kalangan anak muda zaman sekarang. Online gaming bisa dimainkan dengan menggunakan sebuah komputer atau laptop yang terkoneksi internet. Laptop berperan penting.

Sekarang banyak produsen laptop mencoba untuk memenuhi hasrat para gamers. Mereka mencoba untuk memproduksi dan memasarkan laptop yang memiliki spesifikasi khusus untuk bermain game. Laptop jenis ini biasa kita sebut dengan sebutan laptop gaming.

Tim iprice Group memberikan beberapa tips dalam memilih Laptop Gaming sesuai kebutuhan:

  1. Ketahui Spesifikasi Game

Ada banyak game dengan berbagai  spesifikasi di pasaran Indonesia sekarang. Dimulai dengan online gaming hingga kepada offline gaming. Kebanyakan offline gaming memiliki spesifikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan online gaming. Semakin tinggi spesifikasi dari game, maka semakin baik pula tampilan gambar dan kelancaran game tersebut.

Contohnya seperti game Assassin Creed yang memerlukan kapasitas RAM dengan minimum 6 Gb atau lebih. Begitu juga dengan game Battlefield yang memerlukan kapasitas free disk space minimum 30 Gb atau lebih. Jika Anda sudah mengetahui spesifikasi game yang ingin Anda mainkan, maka Anda juga akan mengetahui laptop gaming yang Anda perlukan.

  1. Lihat Prosesor yang Tertanam

Prosesor merupakan sebuah otak yang diperlukan untuk menjalankan sebuah laptop. Anda bayangkan, jika otak tersebut semakin pintar atau canggih maka laptop tersebut juga akan mengeluarkan kemampuan maksimal.

Ada dua merek prosesor yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu Intel dan AMD. Mungkin Anda lebih mengenal Intel dibanding dengan AMD, akan tetapi kemampuan AMD tidak perlu diragukan lagi. Kelebihan dari Intel adalah prosesornya yang hemat daya dan kelebihan dari AMD adalah kecepatan memproses datanya lebih cepat.

Jika Anda lebih suka terhadap Intel, Anda dapat memilih laptop dengan prosesor Core i5 ke atas. Jika Anda lebih suka terhadap AMD, Anda bisa memilih prosesor A8, A10 atau seri FX.

  1. Pilih Kartu Grafis yang Sesuai

Anda harus memilih dengan baik kartu grafis yang tertanam pada sebuah laptop gaming. Mengapa begitu? Karena kartu grafislah yang akan menentukan tampilan game. Ada dua merek kartu grafis yang paling banyak diminati oleh para gamers, yaitu Nvidia dan AMD. Kedua merek tersebut memiliki kinerja yang sangat baik dan juga memiliki harga yang cukup murah.

  1. Kapasitas RAM

Untuk kapasitas RAM Anda sebaiknya membeli laptop gaming dengan kapasitas yang besar (4Gb, 6Gb, 8Gb atau lebih). RAM dengan kapasitas yang besar akan mempengaruhi kelancaran kinerja laptop gaming tersebut.

Kami menyarankan Anda membeli laptop dengan kapasitas RAM minimum 4 Gb. Ini karena beberapa game memerlukan kapasitas RAM dengan minimum 4 Gb. Beberapa laptop seperti Dell dan Asus memungkinkan penggunanya untuk meng-upgrade RAM yang sudah tertanam. Jadi kami sarankan agar Anda memperhatikan apakah laptop yang akan Anda beli dapat meng-upgrade RAM-nya atau tidak.

  1. Kapasitas Penyimpanan Data

Selain kapasitas RAM, Anda juga perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan data dari laptop gaming tersebut. Kapasitas penyimpanan atau kapasitas hard disk akan memperlancar game yang Anda mainkan.

Kami menyarankan agar Anda memilih kapasitas hard disk yang besar, seperti 500 Gb, 700 Gb, 1 Tb atau 2 Tb. Banyak game mempunyai resource yang besar, sehingga kapasitas hard disk yang besar akan sangat membantu kelancaran game tersebut. Jika game yang Anda mainkan berjalan lancar, maka Anda sendiri juga yang akan merasa puas ketika bermain.

  1. Ukuran dan Resolusi Layar

Tampilan pada sebuah layar merupakan fokus utama ketika Anda bermain game. Jadi ukuran layar yang sesuai dan resolusi yang bagus akan menambah kepuasan Anda. Dengan ukuran layar sekitar 15” hingga 17” menurut kami sudah cukup untuk memuaskan hati para gamers. Namun kembali lagi kepada tingkat kenyamanan Anda masing-masing. Bahkan beberapa orang suka bermain dengan menggunakan proyektor.

  1. Daya Tahan Baterai

Ini merupakan salah satu masalah utama dalam laptop gaming. Daya tahan baterai biasanya tidak dapat bertahan lama karena ketika Anda bermain game, semua fitur yang ada pada laptop tersebut bekerja hingga tahap maksimum. Namun kami tetap menyarankan untuk mencari laptop gaming dengan daya baterai besar.

  1. Kualitas Audio

Bagi para gamers kualitas suara yang dikeluarkan oleh laptop tersebut juga sangat penting. Dengan kualitas suara yang bagus, maka bermain game akan terasa lebih seru. Jadi pilihlah kualitas audio yang memuaskan hati Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan speaker eksternal atau headphone agar suara terdengar lebih jelas. Harga dan variasi modelnya juga sangat beragam sehingga Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Harga

Inilah faktor terakhir yang paling penting menurut kami. Jika Anda mengikuti setiap tips maka Anda akan menemukan laptop gaming dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 15 juta atau lebih. Namun, Anda bisa juga mendapatkan laptop gaming dengan spesifikasi minimum dengan harga sekitar 3-5 juta rupiah. Dikarenakan oleh harga yang tinggi, maka telitilah dalam memperhatikan setiap spesifikasi dan pastikan harga yang Anda bayarkan sesuai. [b]

The post Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Kebutuhan appeared first on BaleBengong.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *