Kenapasih Uang Pribadi dan Bisnis Jangan Disatukan?

foto by Liputan6.com

foto by Liputan6.com

Kabarportal.com- Jika saat ini anda sudah memiliki usaha sendiri !! Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, memulai usaha sendiri bisa dilakukan dengan mudah, murah, dan modal ringan. Ketika bisnis yang kita mulai masih kecil, mungkin arus kas maupun catatan keuangan disatukan dengan keuangan pribadi agar tidak ribet.

Saat bisnis sudah mulai menjadi besar, maka sudah saatnya kamu perlu mulai memisahkan keuangan pribadi dan bisnis kamu.

Coba cek beberapa penjelasan utama mengapa keuangan keuangan pribadi dan bisnis jangan dicampuradukkan seperti dikutip dari liputan6.com Senin (25/7/2016):

1. Menyediakan dana untuk kebutuhan bisnis yang pas

Ini merupakan salah satu penyebab vital yang dapat membuat keuangan pribadi maupun bisnis kamu berantakan. Saat omzet bisnis kamu masuk ke rekening pribadi, kamu merasa memiliki banyak uang dan tidak sengaja membelanjakan sebagian untuk keperluan pribadi.

Apa yang terjadi? Kemungkinan kamu bisa tekor untuk bisnis kamu karena jumlah dana yang tersedia di rekening kamu tidak cukup untuk pengeluaran bisnis kamu.

Memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis memiliki alasan yang sama dengan memisahkan rekening transaksi harian dan rekening tabungan: mencegah kamu secara tidak sengaja menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadi.

2. Mempermudah dalam perhitungan pajak

Ketika kamu menggabungkan pencatatan keuangan bisnis dan pribadi, kamu akan kesulitan untuk memisahkan mana transaksi yang dilakukan untuk bisnis kamu dan mana yang bukan. Misalnya, bisa saja kamu tidak sengaja memasukkan bonus dari kantor Rp 5 juta ke dalam penghasilan lain-lain di bisnis kamu.

Berdasarkan konsep pajak penghasilan, kalau laba bersih kamu semakin besar, otomatis jumlah pajak yang kamu bayarkan akan lebih tinggi.

Apabila keuangan kamu pribadi dan bisnis kamu tercampur, jumlah pajak usaha yang kamu bayarkan bisa kebesaran. Sayang kan?[L6]


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *