Biar Pengap Asal Ngeblog

Ruang berukuran sekitar 5 x 3 meter persegi itu terasa sangat sesak. Tumpukan koran dan buku di beberapa sudut serta meja, komputer, dan lemari di bagian lain membuatnya makin terasa sempit. Di dalam ruangan sekretariat Pers Mahasiswa Akademika itu, sekitar 25 orang duduk lesehan Sabtu sore tadi.

Selama lebih dari 3,5 jam kami belajar tentang blog. Pematerinya anggota Bali Blogger Community (BBC). Pesertanya anggota Akademika, pers mahasiswa di Universitas Udayana Bali. Di antara pengapnya ruangan itu –satu kipas untuk 25 di ruangan sempit jelas tak berarti banyak untuk menghilangkan pengap- peserta belajar tentang blog dan bagaimana membuat dan mengelolanya.

Pelatihan blog itu sendiri adalah salah satu kegiatan tetap BBC, komunitas blogger di Bali ini. Sebelum pelatihan di Persma Akademika saat ini, BBC juga sudah pernah memberikan pelatihan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran, kalangan aktivis dan wartawan, serta komunitas kreatif Bali. Seperti pelatihan-pelatihan sebelumnya kali ini pun dilakukan dengan metode praktik langsung.

Untuk pelatihan kali ini dilaksanakan atas permintaan pemngurus Akademika. Namun saya sendiri atas nama pribadi ataupun BBC sudah berulang kali menawarkan sebelumnya pada mereka. Maka ketika akhirnya mereka minta ada pelatihan ya udah, jalanlah sudah.

Sayangnya sih ada beberapa rencana yang membuat kegiatan ini tak bisa lancar sebagai mana rencana. Pertama soal tempat. Awalnya sih mau pinjam tempat di New Media, salah satu kampus dengan fasilitas lab internet bagus di Denpasar, seperti pelatihan terakhir. Sayangnya lab mereka saat ini belum bisa dipinjam. Jadi ya kami memindah tempat.

Tempat lain yang kami incar sebenarnya warnet. Tapi karena sponsor yang ditodong untuk membayar internet juga menolak –alasannya waktu yang sangat mepet- maka pelatihan pun diadakan di kampus saja. Laptopnya punya peserta masing-masing. Sedangkan koneksinya mengandalkan limpahan dari salah satu gedung di kampus ini.

Maka begitulah pelatihan tadi sore berjalan. Pemateri dan peserta lesehan dengan koneksi internet limpahan, yang syukurnya lancar, pelatihan pun berjalan. Satu pemateri berbicara di depan, anggota BBC lainnya membantu peserta untuk praktik. Karena ruangan yang kecil dan sesak, maka tak semua anggota BBC bisa di dalam ruangan. Hanya ada empat lima orang. Sisanya ngobrol santai di bawah rindangnya pohon beringin di depan Akademika.

Putu Hendra Brawijaya memberikan materi pertama tentang bagaimana mendaftarkan lalu membuat posting baru, termasuk mengatur foto maupun tampilan. Ketika selebritis BBC yang lebih dikenal dengan nama panggilan Saylow ini tak tahan menahan dahaga minum bir, eh sori, tak tahan dengan pengapnya ruangan, dia keluar.

Kadek Didi Suprapta yang kemudian menggantikan Saylow. Dek Didi, panggilan akrabnya, menambahkan tentang mengganti tampilan (theme) blog, menggunakan widget (aksesoris di blog) hingga menambah link. Ketika akhirnya Dek Didi juga tak kuat menahan birahi, eh, pengap, dia keluar juga. Lalu John Black maju. Dia melengkapi yang belum disampaikan dua pemateri sebelumnya. Antara lain soal mengubah judul dan tagline blog.

John, yang memang salah satu tukang Search Engine Optimatization (SEO), ini juga nglantur soal SEO, yang menurut saya biasanya adalah materi untuk tingkat intermediate atau malah advance. Makanya ketika peserta ditanya sudah mengerti atau tidak malah pada mengaku bingung. Ya tidak apa-apalah. Namanya juga usaha. Hehe..

Karena agak buru-buru, pukul 5 sore anak Akademika ada kegiatan lain, maka tidak banyak tanya jawab dalam diskusi. Toh anak-anak BBC masih juga sempat untuk unjuk gigi, eh, blog. Dari peserta hanya ada satu pertanyaan singkat usai pelatihan. “Apa sih tujuan orang ngeblog?”

Itu sih terserah yang ngeblog. Ada yang untuk berbagi cerita. Ada yang untuk cari jodoh. Ada yang cari uang. Macam-macam. Bahkan banyak juga kok orang ngeblog tanpa tujuan. Tidak msalah. Santai saja. Nanti di tengah jalan kalau sudah rajin ngeblog juga akan ketemu sendiri. Bukan hanya apa tujuannya tapi betapa nikmatnya..[BBC]


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *