Bali Scholarship Ekspo : Creating Future Through Education

photo_2016-04-17_10-18-16Kabarportal.com – Long Life Education, merupakan sebuah selogan kuno yang dirasa pas untuk menggambarkan event yang satu ini.  dimana tepat menjelang akhir bulan Mei nanti (29/5) akan digelar sebuah event bergengsi yang diberinama, LPDP Scholarship Ekspo dengan tema Creating Future Through Education. Peluang yang cukup bagus tentunya untuk seluruh “penggila ilmu” dan ingin merasakan jamuan hangat, dikampus bergengsi diseluruh dunia, tentunya event ini ditujukan, untuk mereka yang mau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Bertempat di Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman, Komplek Kampus Udayana, event ini akan diselenggarakan selama satu hari penuh dari pukul delapan pagi hingga pukul enambelas wita, rencananya akan dihadiri oleh menteri pendidikan dan kebudayaan yakni Anies Rasyid Baswedan atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Anies Baswedan.

Menurut penuturan dari ketua panitia, yakni Ida Bagus Mandhara Brasika saat ditemui beberapa pekan lalu menjelaskan, bahwasannya event ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013 lalu namun sering kali Bali terlewatkan. “nah ini event yang pertama yang akan digelar di Bali, setelah sejak 2013 lalu, Bali selalu terlewati, sementara kesempatan ini sendiri sebenarnya dibuka luas untuk siapa saja warga Negara Indonesia yang mau melanjutkan kuliah di Luar negri, dan selam ini warga Bali khususnya masih sangat minim informasi tentang adanya beasiswa ini, nah harapan kami dengan adanyan event ini, semoga masyarakat Bali juga lebih sadar dan memanfaatkan  kesempatan yang ada”.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sendiri merupakan sebuah lembaga yang dibentuk secara mandiri dibawah naungan empat kementerian yang diketuai oleh Eko Prasetyo, yang khusus memfasilitasi masyarakat Indonesia, untuk melanjutkan kejenjang lebih tinggi Baik Setrata satu hingga Setrata Tingga mapupun jenjang yang lebih tinggi lagi. “untuk persyaratan juga cukup gampang, yang lebih diutamakan adalah bagaimana setiap orang yang ingin mendapatkan beasiswa ini, haruslah warga negara Indonesia dan memiliki rasa nationalisme yang tinggi, setelah itu ada beberapa tahapan selanjutnya, seperti tes wawancara dan Administrasi”. Imbuh Ida Bagus Mandhara Brasika yang juga tahun ini lolos seleksi LPDP.

Sedangkan untuk batasan umur sendiri maximal umur empat puluh tahun, dan sebanyak lima belas Negara tujuan yang di tawarkan dalam event ini. Namun jika ada yang menginginkan Negara tujuan  diluar dari Negara yang sudah terdaftar, LPDP sendiri memberikan keleluasaan untuk memilih Negara tujuan dan  tentunya dengan syarat dan ketentuan yang harus disepakati terlebih dahulu. Selain dituntut untuk memiliki rasa nationalist yang tinggi, nantinya yang lolos dalam seleksi juga di wajibkan untuk mengerti dan fasih dalam berbahasa Inggris, kendati demikian ada pengecualian jika di beberapa Negara tujuan seperti Jepang dan Germany yang mewajibkan harus mengerti bahasa local di Negara tersebut.

Untuk tahap sekarang ini, dari panitia sendiri sedang disibukkan dengan, tahap sosialisasi ke kampus kampus yang ada di Bali. Selain itu untuk masyarakat luas yang ingin tahu tentang beasiswa ini, panitia juga gencar promosi di media social seperti Faceboo : LPDP Awardee Bali, Instagram : Awardeelpdp_Bali. ditambahkannya, “untuk pendanaannya sendiri pure dibiayai oleh pemerintah Indonesia, tanpa dipungut biaya apapun, Untuk peminat dipulau yang terkenal dengan destinasi wisatanya ini, memang cukup tinggi,cuman penyebaran inforasinya yang memang dirasa cukup kurang”. Dan diharapkan juga dengan diselenggarakannya event ini, masyarakat Bali khususnya bagi kaum muda Bali bisa memanfaatkan peluang emas ini dn ikut berperan active dalam penyebaran informasi ini. KB-GAP


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *