tawar…tawar

Kemarin gue pergi ke Sukawati buat beli oleh-oleh. Kalo belanja-belanja gini, gue pasti ngajak nyokap. Bukannya apa-apa, tapi nyokap tu paling jago nawar. Bukan jago seh, tapi agak-agak maksa kalo nawar..:P. Emang sih, jadinya dapet barang yang murah, ...

Continue Reading tawar…tawar

tawar…tawar

Kemarin gue pergi ke Sukawati buat beli oleh-oleh. Kalo belanja-belanja gini, gue pasti ngajak nyokap. Bukannya apa-apa, tapi nyokap tu paling jago nawar. Bukan jago seh, tapi agak-agak maksa kalo nawar..:P. Emang sih, jadinya dapet barang yang murah, tapi maksa banget :D

Di pasar Sukawatinya nyokap emang udah punya toko langganan buat belanja-belanja. Soalnya nyokap pernah masuk ke semua toko-toko di pasar itu buat ngebandingin harganya. Jadi tu toko mang yang paling murah.

Nyokap sendiri mang niat mo beli daster. Gue seh lihat-lihat sekalian milih-milih barang yang bisa dijadiin oleh-oleh.

(pembicaraan asli dalam bentuk bahasa bali)
Nyokap : bu, ini daster rinkelnya berapa ?
Pedagang : itu 17500 bu…
N : pasnya berapa bu ?
P : 15 rebu aja bu.
N : 12500 deh ya bu
P : aduh gak dapet segitu bu, 15 rebu ya bu.

Nyokap terus aja milih-milih. Gak bilang mo ambil apa nggak. Minta model ini, model itu. Minta warna merahlah, lorenglah, trus nanya bahan daster yang lainlah. Sesekali nanya soal dimana ngambil (tempat si pedagang beli). Nanya soal situasi bali juga. Trus gimana jualannya. Macem-macem lagi. Pokokna basa-basi gitu. Tapi sambil sibuk milih.

N : ya udah, ini ya dua. 25 ribu.
P : duh, jangan segitu bu. 30000 deh ya bu
N : ah udah sering belanja disini bu. Udah 25 ribu deh dua ya.
P : gak balik modal bu kalo segitu

daster-dasternya udah dibungkus tas plastik sama pedagangnya. Jadi sekarang tinggal masa-masa penawaran. Dan gue tahu nyokap pasti ngotot banget, seribu rupiah pun gak bakal mundur.. :X

P : 14 rebu dah satu ya bu..
N : (sambil ngeluarin duit 25 ribu)..ni ya dua
P : tambahin lagi bu..
N : udah segitu ya..25 rebu dua..
P : (pasrah ngambil duitnya dengan wajah memelas)

Gue mikir, kenapa seh cuma beda seribu gak mau ya ?. Kayakna kepuasan batin banget kali ya dapet barang yang harganya sesuai yang kita pingini.
Tapi nyokap gue walopun nawarnya maksa, tapi kalo belanja agak-agak royal.

Setelah beli daster, nyokap gak langsung pergi. Tapi lihat-lihat lagi, dan beli celana pendek lagi. Dan tawar-tawaran maksapun terjadi lagi. Dan si pedagang seperti biasa akhirnya nerima “paksaan” nyokap lagi.
Setelah belanja-belanja beres. Pasti ada basa-basi lagi. Ngobrol ini itu, dan suasananya udah kayak ngobrol ma temen…

Jadi setiap belanja-belanja. Selalu ada sesi basa-basi, sesi penawaran dan sesi penutupan. Basa-basinya bisa lama. Ngobrol ini-itu. Ngegosip macem-macem dari soal barang yang mo dibeli, harga kain yg naek, harga cabe dan kol di pasar, sampe soal politik. Biasalah kayak ibu-ibu dharma wanita arisan. Sesi penutupan juga ya basa-basi lagi. Tapi obrolan singkat aja.

ahh dasar wanita….

Continue Reading tawar…tawar

finnaly 95%

*fiuu*, gak nyangka udah sebulan gue terkapar dengan manis di tempat tidur. Gara-gara typus dan demam berdarah, gue sukses terkaparnya.. :( Sekarang udah 95% baikan. 5% lagi kalo gue udah boleh makan yang pedes-pedes lagi… :). Tapi setidaknya mak...

Continue Reading finnaly 95%