Hasil Kopdar BBC Januari

Minggu kemarin, kopdar Bali Blogger Community (BBC) pun digelar lagi. Ini yang keempat kali. Tempatnya di Desa Budaya Kertalangu Kesiman Denpasar. Tempatnya asik karena di samping sawah. Juga luas. Jadi, seharusnya sih kopdarnya juga asik. But, aku ternyata merasa kopdar ini kurang asik. Alasannya nanti di belakang saja.

Kopdar kali ini diikuti 25 semeton belogger. Daftar hadirnya aku lupa. Ternyata Novan yang bawa tanpa sengaja. Obrolan dari pukul 5 sore (dari yang seharusnya pukul 4 itu) kelar sampe sekitar pukul 6.30 Wita. Atau malah lebih. Soale pas bubar sudah gelap.

Materi yang didiskusikan kali ini antara lain: (1) Rencana launching BBC, (2) Website BBC, dan (3) Keanggotaan dan Pengurus BBC. Dan, inilah hasil diskusi itu.

(1) Rencana launching
Ada usul untuk membuat launching ini agak resmi. Misalnya dengan seminar atau semacamnya tentang marketing online. Kurang lebih bagaimana cari duit lewat blog. Tapi setelah berdebat hangat di tengah gelap (hehehe), akhirnya disepakati kalau launching akan dibuat santai saja.

Alasannya, BBC terdiri dari beragam latar belakang blogger. Ada tukang IT, dosen, aktivis, jurnalis, PNS, dokter, dan seterusnya. Jadi semuanya akan terwakili kalau kopdar tidak dibuat untuk kepentingan salah satu. Soal nanti akan ada kegiatan-kegiatan khusus misalnya seminar marketing online, desain blog yang keren, citizen journalism, dst ya itu ada kegiatan tersendiri saja. Tidak harus pas kopdar.

Kopdar berformat standing party itu akan digelar pada:
Hari/Tanggal: Minggu, 10 Februari 2008
Pukul: 16.00 Wita sampe suud
Tempat: Danes Art Veranda Jl Hayam Wuruk No 159 Tanjung Bungkak (masih akan dikonfirmasi)

Panitia: Anton (Koordinator), Ivan (Sponsorship), Saylow (Pubdekdok), Novan Kojaque (Konsumsi), Dee (Acara). Tapi setelah aku pikir sebaiknya Lode saja. Soale Dee belum jadi anggota BBC. Detail tanggung jawabnya akan dibuat Lode.

Syukurnya, sudah ada dua semeton belogger yang baik hati dan rajin berderma yang mau nyumbang. Mr X aka Pan Belog akan nyumbang 100, Bli Sanat nyumbang 200. Semua dalam dollar. Jadi, mari berdoa semoga dollar segera naik. Biar kita bisa dapat banyak sumbangan. Hehehe..

(2) Website BBC
Kata Dental, saat ini website masih diotak-atik Adi. Adapun content structure (bener ga istilahnya?) web BBC ini antara lain (a) Agregator, (b) Picture Blog, (c) News/Artikel, (d) Even, dan (e) Anggota. Mari kita bantu doa agar website segera oke untuk launching nanti. Cak Adi, opo sing iso dibantu selain doa? 🙂

(3) Keanggotaan dan Pengurus BBC
Pernah ada usul agar keanggotaan BBC bersifat tertutup. Kalau tidak salah ini idenya Pak Dokter pas Kopdar ketiga lalu. Sayangnya kali ini Pak Dokter tidak bisa hadir karena ada acara keluarga. Pada kopdar kemarin disepakati bahwa keanggotaan BBC bersifat terbuka seperti selama ini. Syaratnya hanya orang itu harus punya blog dan ada hubungan dengan Bali.

Soal pengurus, semua yang hadir pas Kopdar sepakat kita tidak usah bikin pengurus BBC. Biarkan saja cair seperti selama ini. Konsekuensinya, siapa yang punya ide, dia yang harus jalan. Silakan saja bawa nama BBC selama itu diketahui anggota. At least info lewat milis.

Setelah foto-foto, kopdar pun bubar. Lalu masih ngobrol-ngobrol bentar. Ketika semua sudah pulang, Bli Sanat ngajak aku, Lode, dan Bani untuk makan malam. Tentu dengan senang hati kami menerimanya. Apalagi ternyata Bli Sanat yang bayarin. Hehe. Kapan lagi bisa dapat gratisan..